Kamis, 13 Maret 2014


RESENSI SHERLOCK HOLMES versus KAPTEN KIDD


IDENTITAS BUKU

  •           Judul Buku                  : SHERLOCK HOLMES versus KAPTEN KIDD
  •           Penulis                           : Jhon Kendrick Bangs
  •            Penerbit                         : Visimedia
  •            Tahun terbit                 : 1897
  •             Cetakan ke                   : 1 (Maret 2013)
  •        Jumlah halaman        : 230 halaman
SINOPSIS
            Novel Sherlock Holmes versus Kapten Kidd ini menceritakan petualangan parodi tentang ekspedisi yang dialami oleh perkumpulan arwah tokoh-tokoh pesohor dunia dalam mencari kapal House Boat super mewah yang dicuri oleh perompak yang terkenal kejam dan jahat, yaitu Kapten Kidd beserta anak buahnya. Dan yang lebih mengkhawatirkan lagi, ternyata di dalam kapal House Boat itu terdapat istri-istri, tunangan-tunanagan dan saudari dari tokoh-tokoh pesohor dunia itu. Dan tokoh-tokoh pesohor dunia itu diantaranya Napoleon, Socrates, Columbus, Julius Caesar, Monsieur Lecoq, Wiliam Shakespeare, Nabi Nuh, bahkan Nabi Yunus dan lain sebagainya.
            Semua cerita ini bermula dari menghilangnya kapal House Boat super mewah milik perkumpulan arwah tokoh pesohor dunia yang sebelumnya berlabuh di River Styx. Para arwah tokoh pesohor dunia ini sedang menikmati masa tenang setelah kematiannya. Para arwah ini datang dari abad ke-15 sampai abad ke-17. Meskipun berasal dari beberapa negara dan abad yang berbeda, tetapi masih terdapat kesamaan diantara mereka. Dan tanpa disadari oleh mereka yang asik menikmati ketenanagannya dan bertemu dengan kawan-kawan barunya dari abad yang berbeda, kapal super mewah House Boat yang ditumpanginya membawa Ratu Elizabeth, Xanthippe, Calpuria, dan isrti, tunangan, saudari yang lainnya. Disinyalir yang mencuri kapal super mewah mereka adalah perompak legendaris Kapten Kidd beserta anak buahnya. Para arwah pesohor itu malah menghabiskan waktu untuk memikirkan bagaimana strategi menyelamatkan arwah istri, tunangan, dan saudari mereka. Dan justru mereka berselisih tentang pendapat mereka masing-masing.
            Di tengah perselisihan pendapat mereka yang sengit dalam mengambil keputusan untuk memulai ekspedisi menyelamatkan istri-istri mereka, muncullah seseorang aneh yang bersedia memecahkan misteri hilangnya kapal super mewah House Boat mereka, dan menjadi pemimpin dalam melakukan ekspedisi pencarian tersebut. Orang aneh tersebut dapat memukau para pesohor-pesohor itu dengan pemikirannya yang genius dalam memecahkan setiap misteri yang dipecahkannya. Orang aneh itu tidak lain adalah Sherlock Holmes, seseorang detektif profesional semasa hidupnya. Dan dia telah memecahkan permasalahan yang sangat rumit sekalipun. Dalam pemecahan misteri masalahnya dengan mengumpulkan barang bukti sekecil dan sesepele, yang bisa dibilang sangat tidak mungkin oleh orang biasa sekalipun. Tapi dengan mengumpulkan bukti-bukti kecil ini, dia dapat mengungkap misteri-misteri dibalik permasalahan besar yang ditanganinya.     
            Diatas kapal super mewah House Boat, para istri-istri dari pesohor-pesohor tersebut tidak sadar bahwa bahwa kapal yang ditumpanginya sudah berganti awak kapal. Dan malah kapal super mewah tersebut dirompak oleh perompak legendaris Kapten Kidd. Tetapi mereka semua tidak menyadarinya. Bahkan Kapten Kidd juga tidak menyadari bahwa kapal yang mereka rampok dari para pesohor itu ditumpangi oleh perempuan-perempuan kelas atas, yaitu dari kalangan orang berpengaruh di dunia.
            Tetapi setelah Kapten Kidd menyadari bahwa di kapal super mewah tersebut terdapat puluhan perempuan dari pesohor dunia, dia memikirkan rencana untuk menurunkan para perempuan itu di daratan Paris, Prancis. Tapi karena keterbatasan persediaan makanan yang terdapat di kapal super mewah House Boat tersebut semakin habis, memaksa Kapten Kidd dan semua anak buahnya untuk berlabuh di suatu pulau vulkanik untuk berburu dan mencari makanan demi persediaan makanan bagi mereka dan perempuan-perempuan pesohor tersebut. Tanpa disadai oleh Kapten Kidd yang sedang sibuk mencari makanan, para perempuan pesohor itupun bergegas mengambil alih kapal super mewah House Boat yang dipimpin oleh Nyonya Nabi Nuh yang sangat ahli dalam bidang pelayaran. Dan dengan dipimpinnya perempuan-perempuan pesohor olehnya, mereka dapat menjauh dari pulau vulkanik tempat dimana Kapten Kidd mencari bahan makanan. Dan alhasil, lama kelamaan pulau vulkanik itu hilang dari pandangannya.

            Bebrapa ratus kilometer di belakang mereka, para suami dari istri pesohor itu melakukan ekspedisi pencarian kapal super mewah House Boat beserta para istri-istri mereka. Dan ekspedisi pencarian ini yang dipimpin oleh Sherkock Holmes dengan menggunakan kapal sewaan dari Styx Navigation Company yang bernama Gehenna. Yang sebelumnya Nabi Nuh mengusulkan melakukan ekspedisi menggunakan kapalnya, dan Nabi Yunus mengusulkan untuk menggunakan ikan pausnya yang besar. Dan beberapa ada yang mengusulkan untuk menggunakan kapal Flying Dutchmen. Tetapi kapal Flying Dutchmen digunakan untuk terbang dan bukan untuk berlayar maupun mendarat. Dan demi kenyamanan mereka juga akhirnya mereka menyewa kapal Gehenna.
            Kapal Gehenna ini berlayar menuju Azores yang merupakan tujuan pertama mereka menuju London. Tetapi ditengah perjalanan, mereka mengambil haluan arah yang berbeda menuju Paris Prancis, karena disinyalir oleh Sherlock Holmes bahwa kapal super mewah House Boat itu membawa para istri pesohor itu kesana. Dengan bukti berupa gelembung udara di permukaan laut yang mereka lewati. Dan gelembung itu membuktikan bahwa kapal super mewah House Boat berbelok tajam menuju timur tidak lain mengarah ke Harve, Paris.
            Di tengah perjalanan, Sherlock Holmes mendapat peringatan dari sebelah kiri kapal. Ternyata peringatan itu berasal dari Kapten Kidd yang terdampar di pulau vulkanik itu, dan di juga hampir menguap karena panasnya suhu yang terdapat di pulau itu. Oleh karena itu Sherlock Holmes mengirim Bonaparte beserta anak bauh yang handal untuk menjemput Kapten Kidd. Setelah Kapten Kidd dan sisa dari beberapa awak kapalnya di naikkan ke kapal Gehenna, Sherlock Holmes mengajukan pertanyaan sekitar dimana dia membewa arwah istri-istri pesohor dunia itu. Tetapi Kapten Kidd menjawab bahwa dia tidak membawanya, malah dia yang ditinggal dengan awak kapalnya di pulau vulkanik tersebut. Setelah kira-kira tidak mendapatkan petunjuk, Sherlock memasukkan Kapten Kidd ke dalam jeruji besi dari kapal Gehenna tersebut
            Tetapi tanpa disadari oleh kedua belah pihak, kapal Gehenna bertabrakan dengan kapal super mewah House Boat. Dan riwayat kapal Gehenna telah tamat, tetapi berkat badan kokoh dan kayu yang sangat kuat, House Boat itu  mampu bertahan dari benturan keras itu dan kembali melaju di atas air seperti biasanya.
            Melihat tingkat keparahan tragedi itu, Potria melemparkan semua benda yang dapat mengapung ke arah para arwah kapal Gehenna untuk menyelamatkan dirinya. Di bawah arahan Sherlock Holmes dan Bonaparte menurunkan perahu-perahu dan dalam waktu yang singkat dapat menyelamatkan mereka.
            Akhirnya, semua dapat diselamatkan dan masuk ke dalam kapal super mewah House Boat, dan para arwah pesohor itu dapt bertemu kembali dengan arwah isrti-istri, putri-putri, saudari-saudari, dan tunangan-tunangan mereka kembali. Sherlock Holmes merasa bahagia karena dia mendapatkan teman baru dan membuatnya semakin terkenal lagi.

KEPENGARANGAN
            Jhon Keendrick Bangs dilahirkan di Yonkers, New York, 27 Mei 1862 dari keluarga pengacara, Francis Nehemiah Bangs dan Frances Amelia Bull. Pendidikan tinggi diselesaikan di Columbia University dengan studi ilmu politik.
            Dia dikenal sebagai pelopor genre alternatif yang disebut “Bangsian Fantasy”, semacam fiksi fantasi yang mengambil tema kehidupan setelah kematian yang seolah-olah punya petualangannya sendiri. Dia lebih sering mengambil tokoh orang-orang terkenal di dunia, dalam kehidupan setelah kematiannya dibuat menjadi berita parodi. Sepanjang hidupnya, dia telah menghasilkan lebih dari 20 karya yang sebagian besar bertema fiksi fantasi dan parodi. Bangs meninggal pada tanggal 21 Januari 1922 akibat kanker perut yang dideritanaya saat beusia 59 tahun.

KELEBIHAN
            Dalam novel ini terdapat banyak kelebihannya. Karena dalam penceritaanya melibatkan banyak tokoh terkenal dunia, dan dengan isi novel yang bergaya fantasi membuat pembaca lebih antusias dalm membaca novel Sherlock Holmes versus Kapten Kidd ini. selain itu adalah kecerdasan penulis untuk memberikan deskripsi yang sangat detail dan mendalam sehingga mampu membawa pembaca masuk dalam dunia yang ingin digambarkan oleh penulis. Tak hanya dalam hal deskripsi tempat, penulis begitu ahli dalam meramu kata dalam mendiskripsikan suasana. Berkat kemampuan penulis inilah, pembaca seakan tersihir dan tanpa ragu terus mengikuti jalan pikiran penulis.

KEKURANGAN
            Karena ini merupakan novel yang aslinya berbahas Inggris, jadi di dalam versi bahasa Indonesia ini masih terdapat banyak kata-kata yang masih asing didengar dalam sastra Indonesia, jadi menyulitkan bagi pembaca dalam mencerna setiap kata dan kalimat dalam setiap alur ceritannya.



NILAI-NILAI
  • Nilai Sosial

Rasa persahabatan dan solidaritas yang tinggi diantara meraka telah berhasil meluruhkan perbedaan yang ada. Sehingga tanpa paksaan meraka saling mendukung dan membantu satu sama lain ketika dalam kesulitan
  •        Nilai Estetika

Terbukti bahwa dari penampilan arwah perempuan pesohor itu sangat mementingkan keindahan berpakaian yang mereka kenakan, dan cenderung untuk selalu rapi dalam berpakaian kapanpun dimanapun.
  •        Nilai Agama

Dalam cerita novel ini tidak terlalu menonjolkan nilai keagamaannya, malah novel ini menceritakan kemajemukan agama yang terdapat dalam cerita novel tersebut.
  •        Nilai Etika

Sopan dan santun sangat dijaga dan menjadi cerminan martabat setiap orang yang sedang berkomunikasi dengan orang lain.
AMANAT
            Raihlah semua hal yang ingin kita capai. Meskipun semua rintangan menghadang di depan kita. Dengan tekad, kerja keras, dan etos kerja yang baik, maka kita dapat meraih apapun yang kita impikan.
KESIMPULAN
            Novel ini sangat bagus dan sangat layak untuk dibaca. Siapapun yang belum pernah, harus segera membacanya. Karena dalam novel ini banyak menceritakan perjuangan yang memberikan pelajaran kepada kita untuk terus berjaung dalam menghadapi semua liku hidup ini. dan selalu sersabar dalam menerima cobaan.

           
                       


2 komentar: